Gejala Penyakit Jantung wajib Diketahui

13 June 2019 - Kategori Blog

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya di dunia. Bukan hanya berbahaya saja, penyakit ini adalah pembunuh nyawa manusia terbanyak didunia. Penyakit jantung telah menjadi momok bagi kebanyakan orang-orang di dunia. Jantung menjadi penyakit yang paling mematikan nomor 1 di dunia karena gejala-gejalanya yang sangat samar. Karena gejala penyakit jantung samar-samar/tidak terlalu jelas, banyak orang yang meremehkannya hanya sebagai sakit biasa. Padahal, gejala sakit biasa apabila diperkuat dengan timbulnya gejala yang lain dapat menjadi salah satu gejala penyakit jantung. Kesalahan yang sangat fatal apabila sakit jantung tidak ditangani dengan baik sejak dini.

Secara umum, gejala penyakit jantung ini dikarenakan kurangnya darah yang memasok oksigen kedalam jantung sehingga jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan sempurna. Serangan jantung yang mematikan disebabkan karena pasokan oksigen yang harusnya masuk ke jantung dengan sempurna, menjadi terhenti secara tiba-tiba dalam waktu yang lama. Ketika aliran darah yang memasok oksigen terhenti, maka otot-otot dalam jantung tak akan mendapatkan aliran darah yang cukup. Otot-otot jantung akan mati apabila tidak mendapatkan aliran darah, dan tidak seperti sel tubuh yang lainnya, otot dalam jantung juga tidak dapat beregenerasi. Jika kejadian tersebut berlangsung dengan lama, maka akan menyebabkan pada kematian si pengidapnya.

Setelah mengetahui bagaimana bahayanya penyakit jantung, maka kita harus waspada dari penyakit tersebut. Disini akan diulas beberapa gejala penyakit jantung yang harus kita ketahui, agar kita dapat menangani penyakit jantung lebih dini.

  • Timbul rasa nyeri

Nyeri dikarenakan adanya penyumbatan arteri yang menjadi salah satu gejala penyakit jantung. Pada umumnya nyeri gejala penyakit jantung yang dialami pria dialami pada bagian lengan kiri, sedangkan wanita akan mengalami nyeri pada kedua lengan.

  • Denyut jantung tak beraturan

Denyut jantung yang tak teratur terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. ini juga salah satu gejala penyakit jantung yang kuat.

  • Napas yang sesak

Pembuluh darah yang menebal juga dijadikan salah satu gejala penyakit jantung. Penebalan pembuluh mengakibatkan hambatan aliran darah pada seluruh tubuh. Hal ini mengakibatkan gangguan pada organ-organ tubuh yang lain seperti paru-paru, hati, dan katup jantung.

  • Mual-mual

Pada awal gejala penyakit jantung ditandai dengan perut yang membengkak. Perut yang membengkak menyebabkan selera makan menjadi rendah dan mual-mual.

  • Mudah lelah

Gejala penyakit jantung juga dapat ditandai dengan mudah kelelahan. Jika anda mudah merasa lelah setelah melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat, itu bisa jadi menjadi gejala penyakit jantung. Rasa lelah yang berlebih juga dapat muncul pada saat bangun tidur.

  • Mudah berkeringat

Salah satu pertanda penyakit jantung juga ditemukan dengan gejala mudah berkeringat. Apabila anda mudah berkeringat walaupun tidak melakukan suatu kegiatan apapun, dan sering berkeringat walaupun cuaca tidak panas, kemungkinan besar gejala penyakit jantung telah melanda.

Itulah beberapa gejala penyakit jantung yang bisa anda ketahui. Gejala-gejala ini sangat penting diketahui karena memang pada umumnya orang akan menganggap beberapa gejala diatas sebagai sakit biasa atau masalah yang sepele. Padahal, bisa saja gejala yang anda atau orang lain alami adalah gejala penyakit jantung yang fatal. Bagaimanapun juga kita harus tetap waspada dengan gejala penyakit jantung, agar kita dapat menanganinya dengan pergi ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter. Dengan pengetahuan diatas semoga dapat membantu anda untuk mengobati penyakit secara lebih dini

 

 

 

 
Chat via Whatsapp